PROFIL DESA BUJUNG BURING



VISI
Mewujutkan Desa Bujung Buring yang mampu dalam pengembangan Potensi Desa demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

MISI 1. Pengembangan kegiatan keagamaan
2. Pengebangan seluruh potensi desa
3. Meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat
4. Pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana.
5. Partisipasi seluruh lapisan masyarakat secara bergotong royong dalam mewujudkan
    kemajuan desa


SEJARAH DESA

Untuk mewujudkan Otonomi Desa yang nyata sebagai dimaksud Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintah Daerah secara Umum, sesuai dengan Kemendagri Nomor  64 Tahun 1999, Tentang Pedoman Umum Pengaturan mengenai Desa,Pemerintah Desa diberi keluasan untuk menata Organisasi  Desanya ( Hak Otonomi Desa ).

Dalam Hal tersebut diatas Pemerintah Desa Bujung Buring Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji  telah berupaya semaksimal mungkin untuk menetapkan Fungsi dan Peran BPD Bujung Buring secara Efektif dan Efesien.

Sebagai langkah awal Pemerintah Desa Bujung Buring Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji telah melaksanakan rapat BPD dan Pemerintah Desa yang dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2014 untuk penyusunan Aparatur Pemerintah,Lembaga yang ada dan Menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ( APBD) Tahun Anggaran 2014, yang disusun sebagaimana mestinya.

Desa Bujung Buring pada awalnya masih tergabung dengan Wilayah Sungai Badak, dan Penduduk Desa Bujung Buring berasal dari Pengangkatan Transmigrasi Lokal yaitu pada Tahun  1982, yang berasal dari Daerah Kawasan di Wilayah KecamatannTanjung Raya Kabupaten Lampung Utara dengan Jumlah KK  429 KK  jumlah Penduduk  1287  Jiwa.

Pada masa itu Desa Bujung Buring masih bernama  Mesuji : B.SP.IV  ( dalam istilah pembagian Unit Pemukiman ( UPT) dinamakan  BUJUNG BURING  Oleh Bapak Abdul Jalil selaku Tokoh yang membawa penduduk dari Kawasan Lampung Utara, dinamakan Desa Bujung Buring, karena pada saat itu letaknya Desa  di Penghujung / paling pinggir.


Data Desa

Jumlah Penduduk Kurang Lebih
  • Jumlah KK            :474
  • Laki laki                :748
  • Perempuan            :731
  • Luas Wilayah        : 825 Ha
Batas Wilayah

  • Utara        : Harapan Mukti
  • Selatan     : Bujung Buring Baru
  • Timur       : Gedung Mulya
  • Barat        : Tanjung Sari
Potensi Desa

Desa Bujung Buring memiliki sebuah Taman Raga Desa dengan luas sekitar 5 Ha, yang didalamnya terdapat fasilitas olah Raga, Taman Buah, Kuliner, Taman Bunga,yang dikelola oleh BUMDes. Yang suber dananya diperoleh dari swadaya Masyarakan, alokasi dana desa desa (ADD) Dana Desa (DD) melaluli BUMDes.

Hasil Komoditi Didesa Bujung Buring

1.    Perkebuana Karet
2.    Perkebunan Kelapa Sawit

Mata Pencaharian Masyarakat Desa

Masyarakat Bujung Buring dengan dengan luas wilayah 825 Ha, pada umumnya masyarakat Desa memiliki Mata pencaharian sebagai:

1.    Petani Karet
2.    Petani dan Pekerja Pekebunan Kelapa Sawit
3.    Pedagang
4.    Peternak
5.    Dan Bercocok Tanam

0 Response to "PROFIL DESA BUJUNG BURING"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel